Senin, 09 Mei 2011

pakan yg cocok utk anakan murai batu ??

itu hanya sebatas asumsi om, belum terbukti kebenarannya, karena saya perhatikan induk Mb mematuk kroto dengan ujung paruh, yg notabennya kering, kecuali kalau sampai gigit pangkal paruh, baru deh nempel ke lidah, ada air liurnya.

saya sendiri sering melihat dan memperhatikan kroto yag mau dilolohkan ke anakan dan kebetulan terjauh kembali, saya sempat beberapa kali memungut langsung dan saya liat kroto tidak berubah, tidak terdapat air liur juga yg menempel,..

coba om perhatikan sendiri jika memang masih belum percaya.
karena saya sering melihat di negara kita banyak yg sudah merasa pandai dan menjadi sok tahu, akibatnya terkadang memberikan statement menurut asumsi tanpa data dan penelitian l;ebih lanjut yang akibatnya bisa menjadi salah paham dan salah kaprah dikemudian hari.


dalam mamalia biasanya cholostrum terkandung sampai 3 hari setelah kelahiran, biasanya ditandai dengan air susu yang berwarna jernih menandakan jumlah cholostrum yang berlipat.
pada burung merpati biasanya susu tembolok dihasilkan oleh induk atau diproses sampai dengan umur 4 hari setelah telur menetas, pada saat itu nampak makanan yang tadinya kasar akan dicerna oleh susu tembolok didalam tembolok induk untuk kemudian dilolohkan secara oral dalam bentuk bubur,,,.. (kenapa saya mengetahui hal ini, karena dulu saat masih duduk di bangku SMP saya sudah beternak merpati balap)

kalau untuk MB, saya sampai saat ini tidak menemukan yang namanya air liur cholostrum, susu cholostrum atau susu tembolok........

kalau saya bisa mempercayai Host yang katanya dah dedengkot Mb di Stasiun TV swasta jika memang dia dalah seorang ilmuwan yang sudah melakukan uji klinis dan memberikan statement berdasarkan hasil uji lab yang dia lakukan....

nah inilah terkadang salah kita, mudah termakan oleh statement seseorang yang katanya sudah pakar.... dan saya sendiri dahulu juga berasumsi sama dengan Om L4R4S.

kembali ke topik... namun untuk masalah meloloh, saya yakin sebagian besar breeder tetap mempercayakan piyik diloloh induknya sampai minimal usia seminggu, dalam arti apalbia memang benar statemment yang telah diutarakan oleh pakar diatas, maka tidak perlu khawatir, karena pada masa itu piyik masih diloloh oleh induk......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008